03 Februari 2010

Mengoptimalkan pengetahuan pribadi



Saya akan membantu Anda semua untuk menangkap koneksi-koneksi antarhal dalam hidup, pekerjaan, keluarga, dan hubungan Anda dengan orang lain, memberi definisi bentuk dan visual pada pikiran, perasaan, gagasan, dan tindakan. Melalui membuat koneksi ini, hidup Anda akan lebih bersemangat dan bermakna.

Akan tetapi, apakah koneksi ini dan berkoneksi dapat membantu pengusaha sibuk, ketua dewan pengurus, presiden direktur perusahaan, rektor universitas, kepala sekolah, kepala lab riset medis, ibu rumah tangga, atau anak kecil yang ingin memahami dunia ide yang luas?

Apa betul-betul praktis dari koneksi ini?

Koneksi ini dapat membantu kita dangan mengenali, menyoroti, dan memecahkan maslah, serta menggambarkan pemecahannya-memberi kita sebuah rencana kerja yang terperinci. Koneksi dapat kita gunakan untuk menyampaikan infomasi, gagasan, dan perasaaan yang kompleks secara sederhana dan langsung. Dalam sepersekian waktu yang dibutuhkan untuk menjelaskan sesuatu, kita dapat menunjukan satu koneksi kepada oarng lain dan "membukakan" maknanya agar orang tersebut pun dapat memanfaatkannya.

Karena waktu dan tenaga adalah, bisa disebut, "uang". koneksi dapat menguntungkan semua orang. Dengan koneksi, kita tidak saja dapat menyederhanakan hidup, namun dapat menghasilkan ide orisinal-atau memikirksn dan menerapkan kembali ide lama-dalam cara yang dapat cukup mengubah tempat kerja dan rumah. Kita akan dapat berkesempatan merasakan koneksi dalam hidup setelah bereksperimen dengan beberapa koneksi yang akan disajikan nanti.

Blog ini akan menunjukan cara menggunakan imajinasi untuk berpikir dan cara berpikir dengan imajinasi. Dengan imajinasi, segalanya mungkin, sementara dengan koneksi, imajinasi menjadi mungkin. Proses koneksi dapat diterapkan bagi:

  • Diri sendiri: membantu memahami dan menerapkan ilmu serta pengalaman sekitar untuk mencapai kesuksesan. Koneksi merangsang Anda berpikir, menciptakan, dan berkarya semaksimum mungkin secara sinambung.
  • Keluarga: memperkaya hubungan Anda dengan orang tua, suami/istri, anak-anak, dan anggota keluarga lain. Koneksi membantu kita mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang perlu dan memberi respons yang cepat dan cerdas sehingga kita dan anggota keluarga lain dapat tumbuh bersama.
  • Hubungan kasih: meningkatkan kemampuan menyampaikan pikiran dan perasaan, ikut mengerti dan merasakan pikiran orang lain, dan menciptakan jalan menyelesaikan konflik.
  • Pekerjaan: meningkatkan kinerja kerja dengan merangsang pemikiran inovatif, menciptakan produk terobosan, mengembangkan kualitas kepemimpinan, dan mempertahankan motivasi diri.
  • Dunia: mengubah pandangan akan dunia memberi cara-cara baru menafsirkan dan menggunakan informasi kompleks yang menerpa kita setiap hari.

Aristoteles menulis,"Apa yang harus kita pelajari, dipelajari melalui praktik." Berkoneksi adalah sesuatu yang harus dilakukan agar dapat dipahami. Jadi, jangan hanya membaca: singsingkan lengan baju dan bergabunglah.



Sumber: Berpikir ala Einstein dengan pengubahan seperlunya.

0 komentar:

Posting Komentar